Sabtu, 12 September 2015

Buang Sampah Sembarangan



Description: 20140410_104150_buang sampah-1.jpg


 Gambar diatas merupakan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila khususnya sila pertama, padahal sudah jelas ada undang-undang daerah yang mengatur tentang membuang sampah sembarangan. Hukuman yang diberikan pun ada yang di denda hingga di penjara. Masyarakat harusnya sadar akan perbuatan mereka yang membuang sampah sembarangan khususnya yang di perkotaan. Sering sekali kita jumpai masyarakat kota yang membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah di sungai. Pemerintah pun sering kali memberi peringatan akan buruknya membuang sampah sembarangan.
Hal ini yang menyebabkan berbagai bencana melanda seperti banjir dan kekurangan air bersih. Contoh ibukota Indonesia yaitu Jakarta, Jakarta menderita dan terancam tenggelam akibat banjir. Masyarakatnya pun diserang berbagai penyakit khususnya daerah pemukiman yang padat penduduk. Dari penyakit diare,muntaber,gatal-gatal hingga kusta pun dirasakan. Tapi kenapa Masyarakat tetap membuat kesalahan yang sama?? Lihat gambar diatas seolah-olah si pembuang sampah tidak merasa berdosa, karena iman dan akal mereka masih lemah dan cenderung apatis terhadap lingkungan sekitar.
Perbuatan tersebut sangat bertentangan dengan sila pertama dan sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Allah pun menyukai hamba nya yang menjaga kebersihan, mari mulai sekarang berubah untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kasihan tidak hanya manusia yang merasakan tapi hewan dan tumbuhan pun juga merasakan dampaknya. Belajarlah dari masalah yang ada di Jakarta yg mayoritas masyarakatnya selalu membuang sampah sembarangan. Ayo budayakan hidup bersih dan tanpa sampah berserakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar