Senin, 21 September 2015

Al Ilmu Nafikh (Ilmu Yang Bermanfaat)

         Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki dan meningkatkan pemahaman manusia dari segi kenyataan dalam alam manusia.Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya serta kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Sedangkan ilmu yang bermanfaat adalah segala usaha (ilmu) yang didapat setelah itu diajarkan/diamalkan ke orang lain dan seterusnya begitu.Ilmu yang bermanfaat tentu sangat berkontribusi bagi kehidupan di dunia dan akhirat karena pahalanya mengalir tiada putusnya sekalipun orang itu sudah meninggal.
          Dari Abu Hurairoh RA, Rasulullah bersabda "Apabila anak Adam meninggal maka akan terputuslah kecuali 3 perkara, yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat,dan doa anak sholeh". Di dalam kitab Riyadhu Sholihin diterangkan bahwasannya manusia dianjurkan/diwajibkan melakukan amal baik karena amal baik bagaikan bekal untuk menuju akhirat. Usahakan setiap waktu untuk menambah amal karena umur selalu berkurang dan kematian semakin dekat, karena ketika sudah meninggal hanya sesuatu yang kita usahakanlah yang akan menemani kita di akhirat.
        Selain itu ada juga shodaqoh jariyah, shodaqoh dimana walaupun orangnya sudah meninggal jika digunakan untuk kebaikan seperti membangun masjid maka pahalanya akan terus mengalir. Doa anak sholeh juga akan mengalir terus selama dia berbuat kebaikan dan berdoa. Hal tersebut dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Hasyr ayat 10 "Dan orang-orang yang datang sesudah mereka, mereka berdoa, "Ya tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya tuhan kami, sungguh Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar